ARTIKEL SISTEM KOMPUTER

ARTIKEL SISTEM KOMPUTER

Pengertian Sistem
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Pengertian Sistem Komputer
Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan system computer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software, dan brainware. Ketiga elemen system computer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi komputermerupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputerakan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.berikut ini merupakan contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X
• Tampilan antar muka windows 7
a kom
• Tampilan antar muka linux Ubuntu
a kom 2
• Tampilan antar muka sistem operasi Mac OS X

a kom 3

Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

1. Hardware ( Perangkat Keras )
a. Processing Device
b. Input Device
c. Output Device
d. Storage Device
2. Software ( Perangkat Lunak )
a. Operating System
b. Application Program
c. Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )

PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)

Peralatan komputer yang secara fisik bisa dilihat dan bisa dijamah dikelompokan dalam kelompok hardware. Dari mulai ditemukannya komputer, hardware dapat digolongkan kedalam 4 golongan, yaitu:
1. Alat Manual
2. Alat mekanik
3. Alat Mekanik Elektronik
4. Alat Elektronik
Komputer yang kita lihat sekarang ini adalah merupakan perubahan dari generasi ke generasi, mulai dari generasi yang pertama sampai dengan generasi ke empat. Bentuk fisik dari komputer generasi I sangat besar dibanding sekarang, karena hampir semua komponen menggunakan Tanbung Hampa Udara (Vacum Tube).
Berkat keuletan manusia, komputer yang tadinya berukuran besar sampai sekarang yang kita lihat adalah kecil dan dapat dipindah kemana-mana, komponen didalamnya menggunakan LSI (Large Scale Intergration) yaitu pemadatan beribu-ribu IC.
Pada dasarnya komputer generasi sekarang terdiri dari:

1. INPUT DEVICE
Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima input/masukan, adapun yang termasuk dalam kelompok input device yaitu:
a. Key Board
Pengertian Keyboard merupakan perangkat keras yang berbentuk berupa papan Tuts, dimana terdapat tombol-tombol input seperti abjad, angka, atau karakter-karakter special seperti !,@.><:(). Fungsi Keyboard sebagai input utama yang di gunakan untuk memasukan perintah dan data ke dalam system komputer
b. Mouse
Pengertian Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penunjuk (pointer) untuk memudahkan pemakaian aplikasi dan OS.
Fungsi Mouse berfungsi sebagai penunjuk (pointer) untuk memudahkan pemakaian aplikasi dan OS
c. Touch-Screen
Layar monitor yang aka mengakifkann program bila bagian tertentu dilayar sentuh dengan tangan.
d. Light pen
Dengan Light pen penyentuhan dilayar menggunakan alat sejenis pen berfungsi mengatur suatu titik dilayar dan komputer akan membaca lokasi tersebut
e. Joy Stick
Alat Input ini digunakan untuk menggerakkan tampilan dilayar, biasanya digunakan untuk Permainan
f. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
2. PROCESSING DEVICE
Alat pemroses ini terdiri dari 2 bagian utama yaitu CPU dan Main Memory

A. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan tempat pemrosesan intruksi program CPU terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu:
a. Control Unit
Control Unit berfungsi mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output mengambil instruksi dari main memory, mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
b. Aritmatic Logic Unit
Aritmatic Logic Unit berfungsi melakukan emua perhitungan yang sesuai dengan instruksi program
c. Register
Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi berfungsi sebagai penyimpanan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU sedangkan instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih tersimpan dalam main Memory

Ada 3 macam ingatan yang dipergunakan didalam sistem komputer yaitu:
a. Register
Register berfungsi untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses
b. Main Memory
Main Memory berfungsi untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil dari pengolahan
c. External Memory
External memory berfungsi untuk menyimpan program dan data secara permanen

B. ARRAY PROCESSING
Kecepatan proses pada suatu komputer tergantung pada ukuran processor, oleh karena itu kita mengenal 2 macam komputer yaitu:
1. Personal Computer XT (Excutable Technology) : Intel 8088
2. Personal Computer AT (Advance Technology) : Intel 80286

C. MAIN MEMORY
Main Memory terdiri dari 2 bagian utama yaitu:
1. RAM (Random Acces memory)
Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
• Input Storage
Berfungsi untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
• Program Storage
Berfungsi untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
• Working Storage
Berfungsi untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
• Output Storge
Berfungsi untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

2. ROM (Read Only memory)
Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :
 PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali.
 EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.
 EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.
3. OUTPUT DEVICE
Output Device (Alat Keluaran) dibagi menjadi 2 yaitu:
1. HardCopy Device: Berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan
Contoh:
a) Printer
Printer Berfungsi untuk menerjemahkan proses informasi dari sistem unit menjadi output dalam bentuk bentuk kertas (hardcopy). Tipe-tipe printer yaitu :
– Ink-jet printers
– Laser printers
– Thermal printers
– Dot-matrix printers
– Plotters
– Photo printers
– Portable printers

2. SoftCopy Device: Berupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan
Contoh:
Screen/Monitor/Video Display, Monitor dapatdigoliingkan menjadi:
a). Video Display
Video Display merupakan layar yang berupa tabung sinar katoda atau CRT (Cathroda Ray Tube)
b). Monochrome
Monochrome merupakan layar dengan warna tunggal biasanya dengan warna hijau fosfor
c). Colour Display
Colour Display neggunakan tiga sinar elektron terpisah dan dapat dikombinasikan untuk membentuk warna yang diinginkan dilayar
d). Flat Panel Display
Flat Panel Display menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih

4. PERANGKAT TAMBAHAN (PERIPHERAL)
Perangkat tambahan adalah suatu perangkat yang dapat dipasangkan pada komputer standart untuk eperluan tertentu, seperti: penambahan perangkat untuk komputer multimedia, jaringan, atau untuk hubungan komunikasi lewat internet.
Beberapa macam perangkat tamabahan diantaranya:
1. Modem
Modem adalah perangkat keras komputer untuk komunukasi lewat internet yang berfungsi untuk merubah arus listrik menjadi pulsa telepon
2. Sound/SoundCard
Sound/SoundCard adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk mengirim/mengeluarkan suara yang biasanya digunakan untuk komputer multimedia agar komputer dapat digunakan untuk memutar Video CD, Lagu MP3, TV, Radio, dll
3. LAN/LAN Card
LAN/LAN Card adalah perngkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membuat jaringan lokal antar pemakai komputer agar sesama pemakai dapat mengirim dan mengambil data dari komputer lain
4. TV Tuner
TV Tuner adalah perangkat tambahan agar komputer dapat menangkap siaran televisi dan radio, baik yang dipasang pada monitor ataupun yang dipasang pada CPU
5. Microphone
Microphone adalah perangkat Microphone adalah sebuah transducer yang mengubah sinyal suara menjadi sinyal – sinyal listrik sesuai pola suara yang diterima. Sistem elektronik akan merespon sinyal-sinyal suara menggunakan komponen ini,baik direkam ataupun dikenali
6. Speaker
Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah

5. PERANGKAT PENYIMPANAN
Perangkat Penyimpanan adalaha perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer agar data/dokumen/file yang dibuat dapat tersimpan dengan aman agar sewaktu-waktu dibutuhkan dapat dibuka/ditemukan kembali
Adapun yang termasuk perangkat penyimpanan pada komputer diataranya:

1. Disket/FloppyDisk
Berdasar kapasitas penyimpanan data, disket dibagi menjadi:
a. Disket HD (Disk Dencity). Berkapasitas 1MB keatas
b. Disket MD2D (Double Dencity). Berkapasitas sedang 360KB

2. Hardisk
Hardisk merupakan media penyimpanan yang berkapasitas sangat besar yang biasanya digunakan dalam komputer windows karena besarnya program dan banyaknya ragam software komputer yang dapat digunakan melalui komputer windows
Kapasitas hardisk banyak sekali, mulai ratusan MegaByte hingga GigaByte, seperti: 30MB,1.5GB, 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 160GB, 320GB

3. CompactDisk (CD)
CD merupakan salah satu perangkat komputer yang termasuk dalam kelompok media penyimpanan, Dengan CD kita bisa menyimpan dokumen secara permanen dan tidak permanen
Berdasar jenis CD dibagi menjadi 2, yaitu:
a. CD-R (CompactDisk Read)
CD-R hanya bisa sekali pakai dalam peng-copyam yang tidak dapat dihapus lagi untuk dicopy kembali baik isinya sama/tidak
b. CD-R/W
CD-R/W bisa dipakai berulang kali untuk menyimpan karena isinya dapat dihapus untuk digantikan dengan file/dokumen lain yang ingin disimpan
Kapasitas CD banyak sekali, mulai ratusan MegaByte hingga GigaByte, seperti: 125 MB, 256 MB, dll
4. FlashDisk
Media penyimpanan ini pada komputer memiliki bentuk lebih kecil dan ramping sehingga mudah untuk dibawa kemana-kemana, dengan konektor USB.
Berdasarkan kapasitas FlashDisk ada bermacam-macam, diantaranya: 125 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8GB, dll

5. CardReader
CardReader merupakan media penyimpanan komputer yang biasanya digunakan untuk kelengkapan HaandPhone yang memiliki banyak fasilitas seperti untuk kamera, memutar lagu MP3, menyimpan gambar walpaper, dll, yang membutuhkan memory yang cukup besar

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)

Pengertian dari Software (Perangkat Lunak) adalah segala macam program yang mendukung dari segala sistem komputer.
Software dibagi menjadi 2 bagian:

A. SOFTWARE APLIKASI
Software ini dirancang dan dibuat oleh pabrik pembuat software yang fungsinya untuk mempermudah memecahkan sesuatu masalah/aplikasi
Contoh:

1. Software aplikasi Under DOS
Lotus 1-2-3, Sympony, Multiplan, Wordstar, Dbase III+, Qpro, Sidekick, Bannermania, Printmaster, paradox, dll

2. Software aplikasi Windows
Software Pengolah Kata : Microsoft Word, WordPerfect
Software Pengolah Data : Microsoft Excel
Software Pengolah Gambar : Corel Drew, Photoshop
Software Pengolah Database : Microsoft Database
Software Pengolah Animasi : Microsoft Power Point
Software Pengolah Data Statistik : SPSS
Software Pengolah/Rancang Bangun : AutoCad
Software Pengolah Dara Akuntansi : MYOB Accounting, Dec Easy

B. SOFTWARE BAHASA
Software ini disediakan oleh pabrik pembuatannya agar manusia dapat berkomunikasi, lebih lanjut dapat menyuruh alat komputer untuk memecahkan suatu masalah.
Software Bahasa dibagi menjadi 2:

1. Software Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low Level Language)
Bahasa Pemrograman yang berorientasi pada masalah bahasa mesin. Seseorang yang akan berkomunikasi dengan PC harus mengetahui bahasa mesin komputer yang bersangkutan.
Contoh: Machine Language, Bahasa Assembly, dll

2. Software Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High Level Language)
Contoh:
• Fotran : Formula Translation
• Cobol : Command Business Orientated Language
• LISP : List Processor/List Progamming
• ALGOL : Algoritmic Language
• RPG : Report Program Generator
• APL : A Programming Language
• PL/1 : Programming Language One
• TURBO PASCAL
• CLIPPER
• BASIC : Beginner All Purpose Symbolic Instruction Code

BRAINWARE

Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.

Leave a comment